Review K-Drama Mystery Queen

Sinopsis Queen of Mystery

Drama Korea Mystery Queen adalah salah satu yang paling saya tunggu-tunggu tayangannya di hari Rabu dan Kamis. Udah kayak nunggu pujaan hati gitulah ceritanya #eaaa. Disaat banyak orang males nonton Mystery Queen karena pemainnya bukan aktor yang populer banget (padahal Kwon Sang Woo adalah aktor senior ye?), saya bertahan nonton drama ini dari awal. Slot drama korea hari Rabu dan Kamis adalah sepenuhnya milik Mystery Queen karena saya nggak ngikutin Radiant Office. Lebih tepatnya mundur teratur setelah nonton beberapa episode  😀

Bisa dibilang Mystery Queen ini salah satu favorit saya dong? Tunggu dulu, ambil napas panjang dan banyak kedipin mata biar nggak pegel bacanya. Mengenai Mystery Queen ini secara runtut akan saya jelaskan reviewnya biar nggak ada pertanyaan atau sesuatu yang mengganjal kalo ditanya recommended nggak drama ini?

Baca: Review Drama Korea Tunnel: Thriller Romance

Mystery Queen bercerita tentang Seol Ok, seorang ibu rumah tangga biasa yang punya hobi baca-baca buku detektif. Karena sering baca-baca buku, suatu ketika dia ikut terlibat dalam memecahkan satu kasus pencurian di minimarket. Sejak itu, dia bekerjasama dengan polisi Hong dan secara nggak langsung ikut menyelesaikan satu per satu kasus demi kasus di kepolisian. Sayangnya, Seol Ok punya ibu mertua yang rese. Sejak awal dia tidak diperbolehkan oleh keluarga suaminya untuk berurusan dengan kepolisian karena Seol Ok ingin mengungkap penyebab kematian orangtuanya yang sebenarnya. Berawal sering bekerjasama dengan polisi Hong, Seol Ok juga bertemu dengan Ha Wan Seung, seorang detektif yang terkenal di bagian kriminal. Mereka secara tidak sengaja terlibat dalam kasus narkoba yang sudah lama diincar oleh Wan Seung. Sudah cukup ya sinopsis awalnya, kalo mau lengkap bisa baca sinopsis tiap episode yang saya buat. 😀

Siapa sajakah yang menjadi pemain utama?

Sebagai seorang ibu rumah tangga yang nurut banget sama mertua, Seol Ok ini punya karakter yang kocak. Seol Ok diperankan oleh Choi Gang Hee. Kalo baca-baca di banyak forum, banyak banget yang nggak suka sama Choi Gang Hee karena aktingnya dinilai jelek di drama-drama sebelumnya. But, Guess what? Dia memerankan karakter Seol Ok dengan baik kok. Kocaknya juga dapet! Yang bikin kesel sih karakter Seol Ok kadang suka keras kepala nggak mau dengerin orang lain.

Sudah lama sejak terakhir kalinya nonton Kwon Sang Woo di film Accidentally Detective, akhirnya bisa lihat babang tampan ini akting jadi detektif beneran di Mystery Queen. Karakter Ha Wan Seung adalah seorang detektif yang suka seenaknya sendiri dan nggak dengerin perintah atasannya. Dia cenderung mengikuti apa yang diyakini itu benar dan masa bodoh sama perintah atasan. Kecuali kalo udah urusan mutasi, dia nggak bisa melawan. Ha Wan Seung berpasangan dengan Seol Ok untuk menyelesaikan beberapa kasus yang ditangani kepolisian.

Salah satu aktor muda dalam drama ini adalah Lee Won Geun sebagai Hong Joon O. Karena masih muda, Joon O ini gampang banget kagum sama orang. Terutama sama Seol Ok. Terlihat sekali saat dia kasih Seol Ok kalung peluit dan diberikannya dengan malu-malu. Alamak, ini bocah totally cute banget! Hubungan Love Hate-nya dengan Ha Wan Seung sayangnya kurang diexplore jadinya kurang greget aja gitu.

Baca: Review Drama Korea: Age of Youth

Jadi udah nih cuma itu aja pemainnya?

Masih ada Shin Hyun Bin yang berperan sebagai Jung ji Won yang bikin males nulis karakternya karena ini karakter masih nggak jelas. Maksudnya kalo memang dia ada hubungan sama Wan Seung kenapa nggak diselesaikan sama penulisnya sampai episode terakhir. Dia tiba-tiba muncul dan tiba-tiba ilang. Nggak ada penyelesaian. *nulis sambil ngomel*

Oh iya, tentu saja ada karakter Kim Hyun Sook sebagai Kim Kyung Mi. Sahabat Seol Ok yang selalu bantuin kalo dia udah bikin masalah. Bagaimana dia ‘take care’ Seol Ok ini yang saya suka sama pasangan sahabat ini. Walaupun Kyung Mi ini galak, dia nggak bisa acuh gitu aja kalo soal Seol Ok. Misalnya: Dia bisa aja bantuin Seol Ok bohong kalo lagi dicariin sama mertua Seol Ok.

Park Jun Keum sebagai Park Kyung Sook, ibu mertua Seol Ok. Nenek ini karakternya kocak tapi sayangnya ini mamak satu porsinya nggak terlalu banyak juga. Hanya di awal dan akhir drama. Padahal kalo mamak mertua sudah nyiksa Seol Ok suruh ini itu salah satu scene yang paling saya tunggu-tunggu. Kira-kira episode besok Seol Ok disiksa kayak apa lagi ya? Begitulah setiap kali saya nunggu episode Mystery Queen ini tiap hari Rabu dan Kamis.

Review keseluruhan cerita Mystery Queen

Mencoba menahan menulis kekesalan dan kekecewaan di awal tulisan itu sangat sulit. Mystery Queen memang punya premis yang menarik, dia mengemas mystery dengan genre comedy. Tetapi penulis skenarionya gagal untuk menciptakan plot yang menarik. Pada awal drama di episode 1 sampai episode 8 masih bisa saya ikuti karena ceritanya memang masih bagus, twist yang pas tiap episode dan akting Choi Gang Hee dan Kwon Sang Woo memang kocak. Tapi mulai di episode 9 saya sudah kehilangan selera melanjutkan drama ini. Penulis nggak bisa konsisten memepertahankan karakter-karakter yang sudah ada. Malah diperbanyak dengan adanya karakter baru yang makin lama makin perlu banyak penjelasan. Siapakah dia? Kok nggak ada lanjutannya? Sementara mystery yang sebelumnya saja belum menunjukkan titik terang. Saya sempat curiga, Mystery Queen akan diperpanjang menjadi 20 episode. Ternyata dugaan saya salah, cari info terbaru mengenai tayangan episode Mystery Queen masih tertulis 16 episode. Akan dibawa kemana kalo sampai episode 12 saja mystery utamanya saja belum terkuak malah muncul karakter baru.

Mystery Queen gagal memuaskan penonton dengan skenario yang tidak ada kejelasannya. Lalu banyak yang berspekulasi apakah dengan ending yang seperti ini akan ada seasson 2? Even they will make season 2, i would not watching this drama for priority. Kecewa? Iya jelaslah, saya punya ekspektasi tinggi dengan drama ini. Sayang banget udah bagus diawal tapi nggak dieksekusi dengan baik oleh penulisnya.

Baca: Review Special Drama Korea: Individualist Ms. Ji Young

Rating Mystery Queen

Jika kalian ikuti ratingnya tiap minggu. Bisa cari di artikel saya yang lain, rating Mystery Queen cenderung stabil. Dia pernah menyentuh angka dua digit tetapi nggak lama kemudian kembali turun karena skenario yang makin nggak jelas ceritanya mau dibawa kemana.

Berdasarkan plot yang ditulis oleh penulisnya saya berikan nilai 2/5 karena dia tidak bisa mengembangkan karakter dan malah menambah karakter di setiao episode. Melelahkan sekali bukan kalo ngikutin cerita model begini.

Jika berdasarkan kesukaan saya terhadap drama ini 2.5/5, Mystery Queen bisa mencuri hati saya di awal episode. Tetapi bikin saya benci juga karena awal yang bagus harus diakhiri dengan cerita yang nggak mulus. Sekian, ngomel-ngomelnya.

No Responses

Leave a Reply

counter free hit invisible