Review Film Korea: My Black Mini Dress, tentang Persahabatan!

Review MY BLACK MINI DRESS

Sedang memasuki fase sudah nonton lama–nonton lagi, dan kebetulan dulu belum pernah bikin review tentang film My Black Mini Dress. Sekarang setelah nonton ulang jadi senyum-senyum sendiri karena satu, persahabatan saya dan teman-teman saya sudah hampir 8 tahun lamanya sejak masuk kuliah. How old I am? *krik krik*

Persahabatan yang coba direpresentasikan oleh penulis naskah dari sisi yang lain. Kenyataannya (mungkin ada diluar sana) lika liku persahabatan nggak melulu manis, nggak melulu ‘hei, were we best friend? i didn’t sleep because you never text me all day long‘, tetapi dapat dipastikan kalo namanya sahabat pasti selalu care with each other meskipun nggak pernah ditunjukkan secara langsung. Karena pembawaan setiap orang beda-beda. Saya sudah pernah menuliskan tentang seberapa pentingnya mengucapkan ulangtahun disini. Terlihat simple tapi dampaknya luar biasa kalo orang yang menganggap itu adalah momen terpenting dari hidup mereka.

Dalam film My Black Mini Dress ada 4 karakter utama dan dimainkan oleh aktris beken selevel Yoon Eun Hye, Park Han Byul, Cha Ye Ryun, dan Yoo In Na. Selepas kuliah di umur 24 tahun, persahabatan yang dulunya semanis madu mulai tergoyahkan. Karena setelah lulus kuliah mereka hidup berpencar mengejar apa yang diinginkan masing-masing. Kecemburuan, kekecewaan, harapan yang berlebihan kerap menghiasi warna warni persahabatan mereka.

Yoo Min (Yoon Eun Hye) selepas kuliah dia masih bingung dengan apa yang dia suka, apa yang sedang dia cari, yang akhirnya berlabuh pada pekerjaan asisten penulis. Awalnya dia masih meragukan, apakah benar menjadi seorang penulis adalah apa yang dia inginkan? Berhubung bekal prestasi kepenulisannya adalah memenangkan perlombaan menulis ketika masih SMA. Melihat satu dress cantik berwarna hitam di sebuah butik dan harganya yang lumayan ‘waw’, Yoo Min membelinya dengan kartu kredit yang diberikan atasannya. Secara tidak langsung, dengan menerima kartu kredit tersebut Yoo Min bersedia melakukan apa saja yang dibutuhkan penulis karena dia adalah seorang asisten. Menjadi seorang asisten penulis dan masih seorang ‘maknae’ yang artinya hanya melakukan pekerjaan nggak penting atau bahkan jauh dari tugas menulis seperti mengasuh dua anak kembar penulis. Yoo Min bahkan memutuskan pacarnya yang sudah berkencan selama 3 tahun (putus nyambung) dan memilih berkencan dengan orang baru yang dikenalkan Hye Ji walaupun nggak merasa nyaman. #AnakLabil1

Hye Ji (Park Han Byul) adalah seorang sosialita. Yang dia tahu hanyalah bersenang-senang, belanja, perawatan lalu flirting sana sini dan dengan gampangnya tidur dengan cowok berbeda. Orang melihat Hye Ji ini adalah sosok yang bebas tanpa beban hidup karena memang nggak usah kerja udah berkecukupan. Disaat teman-temannya bingung mencari jati diri dan berusaha mencari pekerjaan, Hye Ji termasuk orang yang cuek tidak seperti teman-temannya. Suatu hari dia dapat tawaran dari sebuah agency untuk diorbitkan jadi artis. Teman-temannya yang tahu betul kalo Hye Ji adalah orang ‘nggak butuh kerja’ jadi syok atas ketenaran Hye Ji. Lagi-lagi teman-temannya iri dengan kesuksesan Hye Ji.

Teman-temannya tahu persis Soo Jin (Cha Ye Ryun) sangat mencintai dunia akting. Tetapi dia mencoba untuk mencari pekerjaan lain dan meninggalkan dunia seni peran yang dicintainya. Berkali-kali Soo Jin mencoba audisi untuk beberapa peran dan sebanyak itu pula dia gagal. Setahu teman-temannya Soo Jin sudah meninggalkan dunia peran dan mencari pekerjaan lain dengan ijzasahnya. But, who knows? Dibalik dinginnya Soo Jin ternyata dia punya masalah keluarga yang nggak pernah dia bagi dengan teman-temannya. Melihat ketenaran yang di dapat Hye Ji pun membuat Soo Jin makin tertekan dan penuh iri.

Sosok Min Hee yang diperankan Yoo In Na adalah kubu netral. Karakternya yang manja, berisik, annoying, suka konyol sendiri padahal dia sudah dewasa memberikan pelengkap dalam persahabatan mereka. Min Hee terlahir dari keluarga kaya tetapi orang tuanya memutuskan untuk bercerai. Dia pun punya cita-cita untuk melanjutkan sekolah ke luar negeri. Masalahnya Bahasa Inggrisnya sangat pas-pasan, makanya dia kursus bahasa Inggris di satu lembaga. Di sana dia sekelas dengan anak-anak ABG yang masih unyu berbanding terbalik dengan dandanan Min Hee yang bak princess (kalo saya nyebutnya madam-madam). Lucunya ada ABG brondong yang naksir sama Min Hee. Salah satu adegan yang kocak dan pengin ngomelin Dong Ho ‘apa yang kamu lakukan dek?’ 😀 😀

Kamu tidak akan pernah merasa senang setelah umurmu menginjak 20 tahun – Min Hee-

Mau nggak mau saya setuju dengan Min Hee, setelah kalian berumur 20 tahun masalah nggak cuma tentang persoalan nilai kuliah saja seperti saat sekolah SMA. Menginjak usia kepala 2 banyak sekali kekhawatiran yang bikin galau. Makanya saya selalu senang ketika ada yang berulang tahun pertama kalinya di usia 20, welcome to the jungle dek!

Banyak komentar mengenai film My Black Mini Dress salah satunya tentang cerita yang menunjukkan sisi negatif dalam persahabatan karena kurangnya empati dan lainnya. Kalo menurut saya, nggak semuanya persahabatan itu manis kayak gula. Siapa tahu ketika mereka cuma jalan bertiga terus kamu diomongin jelek. Lalu ketika kamu bisa ikut jalan dengan dua yang lainnya, satunya lagi diomongin jelek. Begitulah seterusnya tanpa habisnya. Satu hal yang harus kita tahu tentang persahabatan, kita tahu jeleknya masing-masing dan ketika sifat jelek mereka menyinggung mau marah? wajar. Dimaafkan? Jelas. Karena apa? kita tahu konsekuensi bersahabat dan paham sifat masing-masing.

Apakah ketika Soo Jin iri dengan Hye Ji itu wajar? wajar. Nggak cuma Soo Jin yang iri dengan Hye Ji, bahkan semua teman-temannya. Satu hal yang memang mereka lupa, apa yang di dapatkan dalam sebuah kesuksesan yaitu sebuah usaha. Apakah usaha tersebut harus diperlihatkan ke banyak orang? jawabannya ‘nggak’. Hye Ji juga mengalami masa-masa susahnya ketika pertama kalinya mendapatkan peran di sebuah drama/film. Dia dimaki-maki sama sutradaranya. Hanya saja Hye Ji nggak kelihatan stress dan hopeless cerita ke teman-temannya. Yang dia perlukan adalah bersenang-senang, itu cara yang dia pilih.

Usaha keras nggak akan mengingkari hasil

Twist yang dihadirkan untuk menguji persahabatan mereka berempat saya sangat suka sekali. Damn! I have one of a friend looks like Soo Jin. Tetapi saya sangat suka dengan ketajaman mulut Soo Jin yang hampir selalu berantem sama Hye Ji. Film ini sangat direkomendasikan buat yang early 20’an. Bagaimana keempat aktris tersebut bisa menguasai peran dan membawakan karakter mereka dengan apik? Lalu kenapa judulnya My Black Mini Dress? Kalian harus nonton sendiri ya! 🙂

Rating: 3.5/5

Pencarian Terkait:

ost my secret romance part 9, artinya two wives, artinya two mives, film korea persahabatan, lagu korea tunnel, dowload man x man ost, ost drama my secret romance kkung kkung, two wives artinya?

Leave a Reply

counter free hit invisible