Review Drama Korea: Romantic Doctor, Teacher Kim 2016

Do not give up asking the questions about why we live and what we live for. The moment you give up on that, the romance in life is ends – Master Kim.

Biasanya saya skip cerita dokter Drama Korea karena pekerjaan sebagai dokter hanya sebagai selingan selebihnya menceritakan kehidupan cinta atau twist yang lain. Sosok pekerjaan sebagai dokter sendiri terasa hambar dan tidak bisa dijadikan motivasi untuk belajar (padahal saya juga nggak berniat belajar jadi dokter 😀 ) Tapi setelah nonton Romantic Doctor, Teacher Kim yang saya rasakan sama halnya saat nonton Code Blue 1 dan 2 (Dorama Jepang) atau Greys Anatomy (Drama Amerika). Deg-degan saat melihat mereka sedang melakukan operasi ataupun menangani pasien kritis bisa saya rasakan di Drama Korea Romantic Doctor, Teacher Kim.

ROMANTIC DOCTOR, TEACHER KIM

Romantic Doctor, Teacher Kim bercerita tentang seorang dokter bedah yang sangat terkenal bernama Boo Yong Joo (diperankan oleh Han Suk Kyu) dari Geodae Hospital tiba-tiba menghilang. Tidak ada satupun yang mengetahui keberadaan Boo Yong Joo karena dirinya sendiri menikmati hidupnya dalam pengasingan.

Beberapa tahun kemudian muncul dokter generasi baru di Geodae Hospital, Kang Dong Joo (diperankan oleh Yoo Yeon Seok) sebagai Intern dan Yoon Seo Jung (diperankan oleh Seo Hyun Jin) sebagai Seniornya. Kedua dokter muda tersebut sering berselisih paham yang akhirnya muncul benih-benih cinta #eaaa. Padahal Yoon Seo Jung sedang dekat dengan dokter senior dan ingin melangkah ke jenjang yang lebih serius. Sebenarnya Dong Joo sudah menyatakan cintanya terlebih dahulu kepada Seo Jung dan karena alasannya sama ada rasa, Seo Jung menolak lamaran dokter Moon untuk menikah setelah habis masa magangnya. Seo Jung dan Dokter Moon (diperankan oleh Tae In Ho) mengalami kecelakaan mobil setelah pernyataan lamarannya ditolak. Dokter Moon meninggal dan sejak itu pula Seo Jung menghilang dari Geodae Hospital.

Sepeninggal Seo Jung yang menghilang hampir 5 tahun, karir Dong Joo sebagai seorang dokter sedang dalam puncaknya. Terlebih Dong Joo tidak mempunyai koneksi sama sekali dalam dunia kedokteran menajdikannya seorang dokter yang ambisius. Berbeda halnya dengan Do In Boem (diperankan oleh Yang Se Jeong) yang ayahnya seorang direktur di Geodae Hospital, semua orang respect dan menghormatinya. Dong Joo dan In Boem, keduanya adalah rival sejak kuliah sampai akhirnya menjadi resident di Geodae Hospital. Karena kesalahan Dong Joo yang melakukan operasi pada seorang pasien VIP dan membuat pasien tersebut meninggal, dia diasingkan ke rumah sakit terpencil untuk meredam berita negatif sementara waktu. Sifat Dong Joon yang arogan awalnya membuatnya sulit untuk memulai karirnya di Doldam Hospital. Apalagi bertemu dengan Master Kim yang jauh lebih hebat dari perkiraannya. Seorang Dokter yang mempunyai skill dan kecepatan diatas rata-rata saat melakukan operasi memilih meniti karir di rumah sakit terpencil jauh dari kota. Berawal dari Doldam Dong Joo bertemu dengan cinta lamanya saat di Geodae Hospital, Yoon Seo Jung. Menarik banget kan ceritanya? Kenapa bisa kebetulan banget mereka bertemu di rumah sakit yang sama setelah 5 tahun Seo Jung menghilang? Kenapa Seo Jung menghilang? Siapakah Master Kim dan Boo Yong Joo yang menghilang?

Romantic Doctor, Teacher Kim sendiri lebih banyak mengulik bagaimana Master Kim bisa mengajari dokter-dokter berbakat untuk memahami pekerjaannya sebagai seorang dokter. Menjadi seorang dokter yang hanya mengejar uang seperti Direktur Do atau menjalankan pekerjaan seorang Dokter sebagaimana mestinya. Master Kim mengajarkan, mana yang akan kamu pilih ‘Good Doctor’ atau ‘Best Doctor’ karena dua kata tersebut mempunyai makna yang berbeda. Karakter Master Kim sendiri yang keras, berpikir cepat dan unpredictable, cara menangani kasus yang berbeda dengan sudut pandang lain menjadikan karakternya unik di Drama ini. Semua orang berfikir kalau keputusan Master Kim adalah yang terbaik karena dia adalah Master Kim, seorang dokter bedah yang hampir tidak pernah melakukan kesalahan dalam operasi. Sebenarnya saya juga ingin melihat plot cerita dimana Master Kim ini juga punya kelemahan dari skill-nya. Karena di dunia ini nggak ada yang sempurna, kesempurnaan hanya milik Allah bukan bunda Dorce 🙂

Karakter pendukung dalam Drama ini juga kurang digali lebih dalam, seperti sosok Yeo Woon Young sebagai direktur Doldam Hospital yang aktingnya nggak lebih dari senyum saat lihat anak buahnya berhasil melakukan operasi, mengamati, atau sekedar duduk meeting. Aksinya lebih banyak dipegang oleh Master Kim yang notabene posisinya sebagai anak buahnya.

Pada pertengahan episode muncul karakter dokter muda keturunan Cina Korea, Woo Yeon Hwa yang sedang melakukan pertukaran pelajar dan menjadi intern. Awalnya dia adalah pasien di Doldam Hospital dan nggak bisa bayar uang administrasi. Park Eun Tak membantunya untuk bekerja sebagai tenaga bantu-bantu di rumah sakit. Belakangan diketahui, saat emergency room banyak pasien dan dokter lainnya juga sibuk menangani kassus pasien lain. Karena kondisi yang sudah darurat Woo Yeon Hwa melakukan tindakan layaknya sebagai seorang tenaga media yang sudah ahli. Peran dia juga kurang maksimal selain ngecek kondisi pasien yang itupun banyak salahnya (maklum karena massih intern) atau mengagumi Kang Dong Joo dari jauh. Kalo pun ada twistnya dibikin ada konflik dengan In Boem yang lebih greget akan lebih menarik lagi karena karakter In Boem itu dingin.

Banyak banget yang karakternya berakhir dengan menggantung, meskipun cerita tentang ‘General Surgeon’ yang menjadi tema drama ini udah oke. Drama Korea Romantic Doctor, Teacher Kim punya keunggulan yang nggak bisa di compare dengan Drama Korea bertema serupa. Karena seperti yang sudah saya jelaskan, cerita cintanya biasanya lebih banyak dibandingkan ‘surgeon-nya’ sendiri berbanding terbalik dengan cerita pada Drama Romantic Doctor, Teacher Kim. Atau adakah Drama Korea yang benar-benar menceritakan tentang profesi seorang dokter? Kalo ada berarti saya yang kudet alias kurang update dan kurang ngedate, harap maklum 😀

Sayang banget kalo Romantic Doctor, Teacher Kim ini berhenti di episode special (Total episode 20 plus 1 episode special). Drama Korea ini sangat saya rekomendasikan untuk ditonton jika pengin lihat cerita seorang surgeon. Bagaimana kegalauan seorang dokter jika tidak bisa menangani pasiennya dengan baik padahal mereka sudah berusaha yang terbaik. Tentang peraturan rumah sakit mengenai administrasi yang harus berjalan sebagaimana mestinya. Tentang pasien mana yang harus didahulukan untuk ditangani oleh seorang dokter. So many things to learn on this serial. Ketika banyak nonton drama tentang dokter pandangan saya tentang pekerjaan seorang dokter itu berat tapi itulah jobdesc mereka.

Semoga ada lanjutan di season 2 (semoga kalo ada season 2 ceritanya lebih bagus karena drama korea kalo dibuat season 2 pasti langsung anjlok ratingnya) yang lebih banyak kasus unik dalam dunia kedokteran dan tentu saja pengin lihat kemajuan dokter-dokter muda asuhan Master Kim. Apakah mereka memilih menjadi ‘Good Doctor’ atau ‘Best Doctor’? 🙂 🙂

Rating:

3.5/5

No Responses

Leave a Reply

counter free hit invisible