Review Drama Korea: 38 Task Force 2016

Taxation Office: chase until the end and collect it all.

Wah, quote yang menggetarkan ya? Lelah dengan drama percintaan, akhirnya menemukan drama yang bisa dibilang menegangkan, lucu, haru dan banyak kisah moralnya. Kenapa bisa banyak moralnya? Drama ini mengulik tentang dunia perpajakan yang pasti tahu sendirilah kebanyakan orang kaya melakukan berbagai cara supaya mangkir dari tagihan pajak. Orang-orang kaya yang punya banyak uang, punya banyak koneksi dan memandang rendah orang dibawahnya bisa lolos dengan mudahnya tanpa membayar pajak yang sesuai dengan tagihan. Welcome to the world! Kenyataannya banyak kejadian yang seperti ini di dunia nyata.

poster pemain 38 task force

Plot Utama

Kepala tim dari Seoul City Hall bekerjasama dengan penipu ulung untuk mengumpulkan pajak dari orang-orang yang menghindar dari kewajiban pajak dalam jumlah besar untuk negara. Lucunya pertemuan Kepala tim dari divisi 3 di Seoul City Hall dengan penipu yang pada akhirnya membantunya untuk mengumpulkan pajak sudah direncakan rapih dari awal. Gimana ceritanya?

Pemeran yang Terlibat

Ma Dong Seok melakoni peran sebagai Baek Sung Il. Seorang pegawai publik (kalo di Indonesia PNS kali ya) dari Seoul City Hall. Baek Sung Il menjabat sebagai kepala tim yang bertugas untuk mengumpulkan pajak negara. Dia mempunyai karakter yang polos, lugu dan gigih dalam melakukan sesuatu yang dia anggap benar. Kelemahan orang lugu itu satu, gampang ditipu 😀 Begitulah awalnya dia bisa bertemu dengan para penipu yang akhirnya membantunya untuk mengumpulkan uang pajak dalam jumlah yang cukup besar.

Seo In Guk sebagai Yang Jung Do, salah satu otak penipu yang bekerjasama dengan Baek Sung Il. Cerdas, kreatif, cekatan dan dapat membuat keputusan dengan cepat. Tentu sajalah! Jung Do adalah Penipu ulung. Nggak heran kalo Jung Do menjadi pemimpin dari para penipu meskipun Sung Il menklaim pemimpinnya adalah dia 😀

Heo Jae Ho berperan sebagai Jang Hak Joo yang punya keahlian dalam menyadap telepon. Dia punya karakter pendendam, tapi tetap saja dia adalah seorang manusia yang punya hati.

Lee Sun Bin sebagai Jo Mi Joo. Wanita cantik yang punya keahlian menggali informasi dengan berbagai cara. Salah satu cara yang dia pakai adalah dengan menyamar dan berteman baik dengan target. Kerennya Mi Joo selalu sukses dengan tugasnya dalam penyamaran. Kelemahan Mi Joo hanya satu yaitu cinta.

Ko Kyu Pil berperan sebagai Jung Ja Wang. Setiap orang yang baru mengenalnya pasti menebak kalo Ja Wang adalah seorang biksu 😀 Kepalanya yang plontos dengan perawakan gendut. Ja Wang punya andil besar dalam tim penipu sebagai hacker atau tugas yang berkaitan dengan internet dia jagonya.

Song Ok Suk sebagai Noh Bang Sil, Seorang konsultan keuangan yang bekerja dibawah perintah CEO Wang. Bang Sil membantu para penipu dalam hal keuangan supaya rencana tim mereka lancar. Selama bekerjasama dengan tim penipu, Bang Sil juga punya anak buah yang mengikutinya yaitu Choi Ji Yeon yang diperankan oleh Kim Joo Ri. Kim Joo Ri sepertinya nggak masuk dalam poster drama 38 Task Force, tapi dia juga punya peran dalam kelancaran tim penipu.

Soo Young berperan sebagai Chun Sung Hee. Dia punya riwayat percintaan dengan Jung Do. Karena Jung Do mengaku sebagai penipu akhirnya dia diputusin. Berdasarkan riwayat kekecewaannya terhadap Jung Do, pekerjaannya yang sekarang membawanya sebagai anak buah tim pengumpul pajak yang di ketuai Sung Il.

So does money really accomplish everything?

Kata yang keluar dari mulut saya setelah nonton drama 38 Task Force sampai selesai adalah bagus. Sebelumnya saya pun pernah dengar-dengar cerita kalo dalam suatu perusahaan perlu yang namanya trik dalam melaporkan pajak. Mungkin karena yang namanya perusahaan besar dan dalam laporan keuangannya harus hati-hati karena berkaitan dengan jumlah pungutan pajak yang nantinya harus dibayarkan. Jika total pembayarannya melejit tentunya perusahaan kehilangan jumlah uang yang cukup besar. Padahal jumlah tersebut sebuah kewajiban yang harus dibayarkan ke Negara. Ada undang-undangnya juga. Kalo kewajiban nggak dibayar, namanya ngutang dong? Iya, sejumlah orang-orang kaya di cerita dramanya begitu. Orang kaya, punya harta melimpah tapi mangkir dari kewajiban bayar pajak.

Baek Sung Il yang perawakannya gendut, penampakan mukanya kayak orang bego, sifatnya pun lugu tapi dia punya kegigihan dalam tugasnya sebagai pengumpul uang pajak. Awalnya saya mengira dia bakalan ditipu terus-terusan karena berani ambil resiko bekerjasama dengan penipu. Ternyata dibalik mukanya yang bego, prinsipnya sungguh menyentuh.

Everyone would pay their taxes.

Baek Sung Il bilang, semua orang berkewajiban membayar pajak. Entah itu jumlahnya seberapa banyak tapi mereka harus membayar pajak yang jadi kewajiban mereka. Tipikal seorang pegawai sejati deh Sung Il ini. Nggak gampang disuap dan selalu mengerjalakan tugasnya tanpa pandang bulu. Contohnya saat dia harus menyita barang berharga milik seorang wajib bayar pajak dari kalangan bawah. Nggak adil banget jika dia bisa mengambil uang pajak dari kalangan menengah ke bawah dengan mudahnya tapi orang-orang yang kaya tak tersentuh. Demi tujuan utamanya tersebut, dia bersedia bekerjasama dengan para penipu untuk mengumpulkan uang pajak yang jumlahnya sangat besar.

Awal pertemuan Sung Il dengan para penipu karena dia sendiri juga ditipu 😀 😀 Ini ceritanya konyol tapi yang namanya sudah pengin banget tapi duitnya mepet kan akhirnya mengalahkan logika. Dia ingin membeli mobil, kemudian lihat-lihat referensi di internet dan meninggalkan komentar serta nomor telepon. Dengan mudah, si penipu alias Jung Do membaca keinginannya dan dengan mudah menipu uang 5000 dollar yang sudah Sung Il simpan untuk biaya masa depan anaknya. Merasa ditipu akhirnya dia melapor polisi dan curhat sama temannya yang seorang detektif kepolisian. Temannya membantu Sung Il untuk mengejar Jung Do. Ketika Jung Do berhasil ditangkap, dia membuat penawaran dengan Sung Il. Jung Do akan membantunya untuk mendapatkan uang pajak Ma Jin Suk asalkan tidak menjebloskannya ke penjara karena sudah menipu Sung Il. Dari situlah awal tim penipu dibentuk dengan mengumpulkan teman-teman Jung Do untuk membantu misinya.

Dalam setiap episodenya diselesaikan dengan baik. Bahkan saya nggak pengin skip lanjut ke episode selanjutnya sebelum selesai nonton satu episode penuh. Cara mereka mengeksekusi setiap permasalahan diselesaikan dengan cepat, kalo nontonnya nggak konsen bisa mundurin durasi dramanya mulu deh (kayak saya) 😀 Beberapa twistnya bisa ketebak (kalo lagi konsen) tapi banyak yang nggak ketebaknya sih. Lalu setiap udah ada penyelesaian cuma bisa bilang ‘ooohhhhh…gini toh ternyata’ sambil manggut-manggut.

Nggak melulu soal kriminal tipu-tipuan yang diceritakan. Meskipun sedikit mengandung cerita cinta Jung Do dan Sung Hee, termaafkan karena percintaan mereka nggak lebai dan nggak maksa happy ending. Tapi jadi kasihan sama Mi Joo karena kasihnya tak sampai terhadap Jung Do. Semua yang dia lakukan, kenapa mau bergabung dengan tim yang Jung Do buat? Kenapa setelah Jung Jo berkhianat dengan tim mereka pun Mi Joo tetap mau membantunya? Semua karena cinta.

Ngakak banget sewaktu lihat Ja Wang dan Hak Joo dipukuli lalu masuk rumah sakit. Bang Sil dan Ji Yeon menjenguk mereka ke rumah sakit setelah mendapat telepon. Bang Sil mengira Ja Wang dan Hak Joo kondisinya parah dan menanyakan pada Mi Joo apakah mereka masih bisa hidup atau enggak? Ekspresi sedihnya kelihatan banget menatap nanar dua orang dalam timnya terbaring lemah di rumah sakit. Lalu Mi Joo menjelaskan, “Mungkin anda salah paham, mereka tertidur setelah makan.” Bang Sil dan Ji Yeon cuma bengong dengernya. 😀 😀 Ja Wang selalu bikin cair suasana deh pokoknya, kocak!

Buat Soo Young, ini adalah pertama kalinya saya nonton aktingnya sebagai pemain utama. Aktingnya bagus dan kalo ada dramanya yang baru, bolehlah nonton akting mbak Soo Young lagi. Sayangnya kalo dipasangkan dengan Seo In Guk lagi, janganlah! Kurang cocok saja menurut saya. Meskpiun aktingnya bagus-bagus saja dengan Seo In Guk. Tapi mereka nggak cocok kalo jadi pasangan kasmaran.

Juaranya di drama 38 Task Force menurut saya Baek Sung Il. Karakternya yang sederhana justru membuat saya kepincut dan terpana dengan keluguannya. Di kasus yang terakhir, dia ingin mengumpulkan pajak 100 milyar dari Choi Chul Woo. Bekerjasama dengan Jung Do dengan trik yang mudah tertebak oleh target membuat Jung Do dipenjara 2 tahun. Selama 2 tahun Sung Il kembali menjadi dirinya yang dulu dengan berpura-pura jadi lebih bego karena jabatannya dari ketua turun jadi bagian support. 2 tahun Sung Il mempersiapkan rencananya yang akan dieksekusi dengan Jung Do selepas dari penjara. Sung Il yang biasanya jadi follower kini bisa jadi pemimpin 2 (pemimpin 1 tetep Jung Do) dan memberikan saran keputusan pada Jung Do. BAek Sung Il yang dulunya kena tipu sekarang sudah bisa nipu! *tepuk tangan*

Recommended or No?

Intinya di drama 30 Tak Force adalah tentang tipu menipu. Tim penipu menipu orang wajib bayar pajak. Tim penipu menipu tim penipu sendiri. Tim penipu menipu orang lain supaya menipu orang wajib bayar pajak lalu tertipu lagi. Pusing deh jelasinnya, pokoknya yang suka sama fil kriminal, detektif dan action wajib nonton drama 38 Task Force. Recommended!

Don’t fight to win, but fight until we win.

PS: Nggak ada ulasan soal akting Seo In Guk bukan karena perannya nggak bagus tapi karena terlalu ganteng, lincah dan aktingnya bagus jadi, no comment! 🙂

Rating

3.75/5

Pencarian Terkait:

rating hati yang memilih, profil dan biodata kim sung joo, foto kim sung joo, cerita hati yg memilih, cerita tentang hati yang memilih, biodats sung joo, hati yg memilih eps 14, hati yang memilih tayangan tanggal 14 mei, hati yang memilih, film hati yg memiih eps 5, sinopsis hati yang memilih eps 14, Rating hati yg memilih, profil aktor kim sung joo, cerita hati yang memilih episode 18, Rating HATI YG MEMILIH MEI 2017, review 38, review drama korea 38 task force, review film 38 task force, semua lagu drama my secret romance, senopasi hati yang memilih, sinetron hati yg memilih tgl 11, sungil gendut, Soundtrack TLaHL waiting for you, soundtrack drama korea my secret lover, sinopsis hati yang memilih eps 2, sinopsis hati yang memilih di rcti eps 14, sinopsis cinta yang memilih RCTI, sinopsis cerita hati yang memilih, sinopsi dia memilih hati, ulasan film cook up a storm#spf=1, sinolsis film india di pangkuan himalaya, Rating Filem HATI YG MEMILIH MEI 2017, profil lengkap Kim Sung-joo, foto kim sung jo, film korea hacker perpajakan, film hati yg memilih eps 5, Eps 10 HTI YG MEMILIH, episode ke 14 hati yang memilih rcti, drama korea menipu orang yg tidak membayar pajak, ceritahatiyang memilih, cerita 38 Task Force (2016)#spf=1, foto kum sung joo, hati yang memilih epesode 14, hati yang memilih eps 01, poto kim sung jo, poster hati yang memilih, lagu kunto aji yang bahasa inggris, hati yg memilih retingnya bagaima, hati yg memilih eps 18, hati yang memilih tidak tayang 14 mei 2017 ?, hati yang memilih tanggal 14 mei episode berapa, hati yang memilih eps 14 rcti, apa cerita hati yang memilih

No Responses

Leave a Reply

counter free hit invisible