Resep: Pisang Kulit Lumpia Goreng

Resep: Pisang Kulit Lumpia Goreng

Resep: Pisang Kulit Lumpia Goreng

Finally bisa bikin jajanan lagi setelah lama nggak berniat bikin sesuatu yang baru di dapur. Melupakan diet, melupakan lemak di perut yang berlipat-lipat dan selamat datang ke surganya para pecinta gorengan 😀 Bikin makanan nggak sehat begini juga belum tentu sebulan sekali, jadi daripada pisang yang tergolek di kulkas menjadi busuk mendingan saya bikin jajanan aja. Dietnya mulai besok saja deh ya 😀 😀

Untuk membuat pisang kulit lumpia goreng ini gampang banget. Asalkan ada pisang (tentunya), tepung terigu dan telur masak-masak di dapur sebentar sudah jadi juga camilan sore menemani ngeteh di teras rumah. Awalnya saya nggak tahu gimana sih cara bikin kulit lumpia sendiri? Kalo mendadak harus beli ke pasar atau supermarket  juga males banget kalo lagi mager di rumah. Akhirnya, saya gugling saja gimana cara membuat kulit lumpia sendiri disini dan ternyata gampang ya. Baru juga pertama bikin pisang kulit lumpia goreng, gimana kalo kulitnya nanti lengket meskipun pakai teflon? Ternyata disini juga dijelaskan gimana supaya kulit lumpianya nggak lengket. Caranya gimana? Bisa cek sendiri di website resepnya disini kalo masih belum puas juga baca caranya di postingan ini sampai selesai!

Bahan:

  • Pisang Kepok 3 Buah (bukan 3 sisir lho ya)
  • Tepung terigu 200gr
  • Garam
  • Telur 1 butir
  • Air
  • Minyak sayur

Cara membuat kulit:

  1. Siapkan wadah sedang lalu masukkan tepung terigu dan garam. Aduk hingga tercampur.
  2. Masukkan telur yang sudah dikocok dan tambahkan air sampai adonan encer (agak sedikit kental kalo terlalu encer kulit jadi terlalu tipis)
  3. Tambahkan minyak sayur satu sendok makan. Minyak sayur berfungsi untuk menjaga adonan tidak lengket saat dimasak dalam teflon. Jadi rahasia supaya kulit lumpia nggak nempel di teflon adalah dengan menambahkan minyak sayur.
  4. Setelah adonan tercampur rata, panaskan teflon diatas api. Gunakan satu centong sayur untuk mengambil adonan lalu digoyangkan sampai permukaan teflon tertutup adonan.
  5. Tunggu hingga kulit matang dengan tanda gelembung. Angkat dan sisihkan di piring ceper. Lakukan hingga adonan habis.

Cara membuat pisang kulit lumpia:

  1. Potong 1 buah pisang menjadi 6 bagian memanjang.
  2. Ambil satu lembar kulit lumpia lalu gulingkan sampai ujung kulit.
  3. Ulangi sampai pisang dan kulit lumpianya habis.
  4. Setelah itu goreng di atas minyak panas.
Pisang digulung dalam kulit

Pisang digulung dalam kulit

Plating Pisang Lumpia dengan taburan bubuk cokelat dan gula

Plating Pisang Lumpia dengan taburan bubuk cokelat dan gula

Niatnya sih plating ala chef gitu tapi jadinya maksa banget karena piringnya pun biasa aja 😀 😀 Taburan bubuk cokelat dan gula bisa diganti dengan topping lainnya misalnya keju parut atau cokelat blok parut dan susu kental manis. Tapi saya lebih suka taburan cokelat dan sedikit gula karena rasa pisangnya sendiri sudah manis nanti kalo overdosis kan repot. Supaya gulanya bisa nempel di pisang lumpianya, saat masih panas-panas segera taburkan toppingnya. Rasa akhirnya nanti manisnya pas, nggak terlalu manis tapi ada rasa gurihnya juga. Bagi yang suka gurih dan asin seperti saya sih sudah oke. Tapi kalo orang yang suka manisnya kebangetan, resep diatas bisa dicelupin di karamel gula pasir kali ya? 😀

Yuk ngeteh dulu sama camilannya 🙂

No Responses

Leave a Reply

counter free hit invisible