Membuat Molen Mini Tape dan Pisang

molen mini pisang

Ada pepatah bilang: Nggak semua cowok suka bola dan nggak semua cewek suka masak. Meskipun nggak suka masak paling enggak sebagai seorang cewek (cowok juga sih) harus bisa masak. Lucunya ketika saya masak, orang-orang shock karena nggak ada yang percaya dengan bakat terpendam amat dalam ini *kibasin rambut*

Don’t judge people by their cover

Seringkali orang memang menilai berdasarkan penampilan. Meskipun tampilan urakan doesn’t mean they are have bad personality. Seperti yang Cak Nun bilang saat Maiyahan di Jogja dulu ‘Orang-orang nggak perlu tahu ibadah saya seperti apa dan saya tidak berpenampilan menggunakan baju identitas agama atau jenggot panjang karena itu sama sekali nggak menjamin akhlak seseorang kok’. Kira-kira begitulah intinya meskipun tidak bisa mengutip sama persis. Memang benar apa yang disampaikan beliau, tapi dari sudut pandang lain seperti di dunia kerja terkadang penampilan itu yang menentukan. Malah ngelantur sampai Cak Nun dan dunia kerja segala. Tsah! Padahal intinya di postingan kali ini akan membahas resep masakan *dikeplak rame-rame*

Mumpung masih dalam tahap suka bikin-bikin sesuatu yang hasilnya sesuatu (maklum sodaraan sama inces jadi ketuaran), kali ini saya akan berbagi cara membuat molen mini isi tape dan pisang. Kalo molen isi pisang sih sudah mainstream ya, gimana kalo molen isinya tape singkong? Hmm, enak juga kok. Rasanya nggak kalah enak sama molen pisang.

Beberapa hari yang lalu di rumah lagi bikin kolak isi tape ketan, tape singkong dan pisang. Bahan-bahannya masih sisa di kulkas, kan sayang banget kalo nggak dibikin apa gitu biar bisa jadi ganjelan perut. Kemudian muncul ide buat bikin molen tapi adonannya kecil-kecil berbentuk mini aja. Biar makannya enak langsung sekali gigit. Asyik! ๐Ÿ˜€

Resepnya gampang banget dan nggak pakai ribet. Kalopun nggak punya bahannya bisa beli di warung kelontong sebentar karena bahannya bukan jenis yang susah di dapat di warung biasa.

Bahan Isi Molen:

  • Pisang dipotong dengan panjangย ยฑ4cm
  • Tape Singkong

Bahan Membuat Kulit Molen:

  • Tepung Terigu 12 sdm
  • Mentega 2 sdm
  • Gula Halus 4 sdm
  • Air Dingin Secukupnya
  • Garam 1/2 sdt

Cara Membuat Kulit Molen:

  1. Siapkan wadah yang berukuran besar, kira-kira leluasa juga dipakai untuk menguleni
  2. Masukkan bahan kering seperti tepung terigu, gula halus dan garam. Aduk bahan kering hingga rata semua
  3. Jika bahan kering sudah rata, masukkan mentega. Campur semuanya hingga adonan menjadi agak lembab karena tambahan mentega
  4. Lalu tambahkan air dingin sedikit demi sedikit sampai adonan menjadi kalis. Setelah itu diamkan adonan beberapa saat supaya terfermentasi. Fungsinya untuk membuat adonan lebih gampang untuk dibentuk dan tidak alot. Hasil kulit nanti setelah digoreng pun jadi lebih renyah dan crispy
  5. Siapkan gilingan (alat pemipih kulit) kalo nggak punya bisa memakai gelas. Jangan menyerah kalo nggak punya alatnya ya bu ibu, massih bisa diakali dengan gelas kok. Adonan yang sudah didiamkan tadi dibagi menjadi beberapa bagian untuk dipipihkan memanjang
  6. Jika setelah dipipihkan adonan terlalu lebar, bisa dipotong dengan lebar 5cm dan panjangnya bebas asalkan bisa menutup isinya nanti
  7. Ambil pisang yang sudah dipotong kecil-kecil lalu lilit dengan kulit molen sampai semuanya tertutup. Ulangi hal yang sama dengan isi tape singkong
  8. Siapkan minyak goreng panas yang banyak, goreng pisang dan tape yang sudah terlilit kulit molen

Cara Penyajian:

Penyajiannya bisa ditambahkan topping sesuai selera. Misalkan ditambah topping keju. Kalo saya kemarin bikinnya original tanpa topping.

molen mini isi tape singkong

Molen Mini Tape Singkong

Molen Mini Isi Pisang

Molen Mini Pisang

 

Waktu pembuatannya membutuhkan sekitar 1,5 jam. Ternyata bikin kulit pakai alat manual lumayan bikin lengan pegel ya ๐Ÿ˜€ Tapi nggak masalah selama hasilnya pun memuaskan sebanding dengan capeknya. Iya kan? Nah, mumpung menjelang weekend gini buruan gih disave resepnya buat bekal camilan pekan ini. Sekali lagi jangan lihat penampilannya yah, ingat quote diatas! Selamat mencoba!

Pencarian Terkait:

Alat pembuat molen mini

Leave a Reply

counter free hit invisible