Kulineran Korea di Jogja

Beberapa waktu lalu saya menyempatkan diri ke Jogja karena ada photoshoot sama artis-artis kondang ibukota *dikeplak rame-rame* Mumpung banget lagi ada di Jogja saya pengin nostalgia sama beberapa macam kuliner yang dulu sering saya jamah #halah Pertama saya tetap cek google, apakah tempat makan yang dulunya suka saya tongkrongin ini masih eksis apa enggak. Ini penting, biar nggak jauh-jauh dateng ternyata tempatnya udah rata dengan tanah, jadi usaha lain atau pindah lokasi. Who knows? ๐Ÿ˜€

Ngecek di Google, Musiro masih eksis ๐Ÿ™‚ via google

Musiro Korean Food ini salah satu restoran yang menyediakan berbagai macam makanan Korea sejak 2010. Jamannya kpop booming di Indonesia, pada saat itu bisnis yang paling menjanjikan adalah dengan membuka usaha kuliner Korea. Terbukti dengan banyaknya investor lokal ataupun asing yang mulai membuka usaha kuliner Korea. Musiro Korean Food sendiri termasuk tangguh masih bisa berdiri sampai sekarang, ditengah-tengah persaingan dunia kuliner Jogja yang semakin ketat. Sudah tak terhitung kalo saya analisa restoran Korea yang dibuka kemudian mendapatkan respon positif, secepat itu pula keredupan mereka dalam meramaikan dunia kuliner di Jogja.

Kenyataannya rasa memang akan menunjukkan siapa yang paling tangguh di tengah persaingan dunia kuliner Jogja ๐Ÿ™‚

Anyway, setelah memastikan tempat makannya nggak pindah. Saya dan sepupu saya yang gendats (bwek! :p ) nongkrongin Musiro Korean Food meskipun jaraknya dari ujung ke ujung ๐Ÿ˜€ Apalagi cuaca yang sedang nggak bersahabat, sedikit mendung namun sesekali menampakkan sinarnya yang cerah kayak hati yang galau.

Interior dalam Musiro Korean Food via realteenation

Interior dalam Musiro Korean Food via realteenation

Setelah masuk ke dalam ternyata masih banyak yang nggak berubah, hanya beberapa aksesoris interior yang berbeda dengan update poster-poster idola yang lagi hits. Sayangnya poster Bigbang sudah diganti juga, padahal salah satu tujuannya juga mau say hello sama pacarnya aku disana *digebuk kimchi tapi malah seneng* Kalo udah masuk ke dalam restoran Korea selain makan apalagi coba? Ya fangirling-an dong. Masak mau diem doang sambil makan. No, way!

Menu yang disajikan mengalami inovasi juga lho. Kalo dulu masih belum ada menu yang memakai peralatan kompor dan pelanggan bisa masak sendiri, sekarang impian anak-anak kos buat makan ala drama Korea pun terwujud! ๐Ÿ™‚ Musiro, Saranghae! Dengan harga yang nggak mencekik udah bisa makan ala drama Korea.

Musiro Tokpoki Sebelum dimasak

Musiro Tokpoki Sebelum dimasak

Musiro Tokpoki Setelah Matang

Musiro Tokpoki Setelah Matang

Musiro Tokpoki berisi Tok (kue beras), Telur, sosis, kubis, wortel, saus merah, daun bawang dan kuah. Bagi yang suka pedas banget level bagaikan-pipi-ditabok-pake-sendalย kayak saya, rasa pedasnya kurang nampol kalo nggak pake cabe rawit setan. Tapi buat yang nggak suka pedes dan kebisaan makan pakai kecap kayak sepupu saya yang gendats, level pedasnya ini bisa ngabisin air segalon. Cukup worth it kalo mau pesan menu ini. Harga, porsi jumbo dan rasanya yang didapatkan nggak mengecewakan. Kapan lagi bisa masak makanan Korea kayak di drama-drama? ๐Ÿ˜€

Makanan yang kami pesan

Makanan yang kami pesan

Sogogi Gimbab adalah ย menu yang dipesan mbak gendats (bwek lagi :p) yang katanya kenyang tapi pesannya nasi *geleng-geleng* Nama lain dari Sogogi Gimbab adalah Lemper isi daging, hahaha. Gogi artinya daging. Gim artinya daun rumput laut. Bab artinya nasi. Kalo dirangkai arti dari Gimbab adalah makanan yang digulung dengan rumput laut (istilah bekennya yaitu nori). Untuk isian dagingnya dimasak menggunakan saus bulgogi. Rasanya agak manis dan gurih. Tips dari onnie: Kalo pesan Tokpoki pasangannya setianya ituย gimbab. Cara makannya gimbab dicocol ke saus tokpoki. Lebih nikmat ๐Ÿ™‚

Lalu untuk snacknya, ada Odeng dan satunya lagi saya lupa ๐Ÿ™ Odeng yaitu sejenis tempura atau lebih gampangnya disebut fish cake. Setiap porsi Odeng ada dua tusuk yang disajikan di wadah menyerupai gelas ditambah kuah panas dan daun bawang. Kalo kamu suka nonton drama Korea, pasti biasa lihat adegan beli jajan yang ditusuk-tusuk di pinggir jalan. Nah, itu dia yang namanya Odeng.

Menu Snack Misterius di Musiro Korean Food

Menu Snack Gorengan Misterius di Musiro Korean Food

Kemudian untuk menu snack gorengan misterius yang saya lupa namanya, isiannya adalah potongan daging ayam yang dibalut tepung. Namun dalam setiap gigitannya ada rasa pedas. Perpaduan rasa gurih dan pedas dengan daging ayam dibalut dalam tepung lalu digoreng. Ini edisi sotoy saya untuk cara memasaknya ๐Ÿ˜€ Saus pendampingnya adalah custard (sotoy lagi), padahal nggak sempet nyocol. Dan yang nggak pernah ketinggalan ada kimchi segar. Sayang banget nggak bisa order kimchi banyak karena stoknya habis. Jadi cuma dapat seporsi kecil aja, itupun udah alhamdulillah. Meskipun rasanya kayak LDR trus berencana ketemu kangen-kangenan tapi yang mau ditemuin nggak ada. *mewek*

Btw, saya suka banget sama kimchi di Musiro Korean Food. Kenapa? Rasanya paling cocok di lidah saya. Sudah pernah nyoba kimchi dari restoran Korea lainnya dan memang salah satunya yang paling cocok Kimchi di Musiro Korean Food.

Sebenarnya saya punya makanan favorit di Musiro Korean Food yaitu Janchi Guksu, Tokochi sama haemul pajeon tapi pas datang kesana awal Januari 2017 menunya sudah nggak ada. Memang dalam usaha kuliner, menu di tempat makan itu harus ada inovasi biar nggak ketinggalan sama kompetitor.

Berikut menu utama yang saya rekomendasikan dan masih bertahan di jajaran menu Musiro Korean Food:

  1. Musiro Tokpoki
  2. Sundubu Jigae
  3. Jeyuk Dosirak
  4. Jjampong Ramen
  5. Semua menu Gimbab

Semoga next time kalo ke Jogja bisa mampir lagi dan update menu yang belum sempet saya review disini. See ya!

NB: bagi yang tahu nama gorengan misterius tersebut kasih tahu dong ๐Ÿ˜€

Harga:

Musiro Tokpoki 35k

Sogogi Gimbab 25k

Odeng 15k

Gorengan misterius 15k

Rating:

4.5/5

 

No Responses

Leave a Reply

counter free hit invisible