Kuliner Jogja: Makan Choipan di Yamie Singkawang

Yamie Singkawang Jogja

Yamie Singkawang ini sudah dibuka sejak tahun 2010. Lokasinya di Jalan Brigjen Katamso No. 304 Jokteng Wetan, Yogyakarta. Dari Jogja Tronik masih lurus terus, tempatnya kanan jalan persis sebelum pertigaan lampu merah Jokteng. Menariknya makanan yang dibuat oleh Yamie Singkawang ini bebas vetsin dan homemade. Mulai dari mie yang setiap hari juga digiling sendiri jadi yang terhidang selalu fresh. Bakso ikan yang tidak menggunakan bahan pengenyal dan lainnya. Dan yang kabar gembiranya, semua menunya HALAL. Yamie Singkawang buka setiap hari dari Senin sampai Minggu Pukul 10.00 – 20.00 WIB.

Tujuan awal memilih Yamie Singkawang yaitu pengin nyobain Choipan. Di instagram Yamie Singkawang kalo diperhatikan setiap ingin makan di tempat atau take away harus PO terlebih dahulu. Yawla, ini Choipan ala Yamie Singkawang seendeus apa sih? Dari cerita temen saja sudah bikin penasaran sampe harus PO segala 😀 Sayangnya kami kesana waktu itu hari Sabtu, padahal jadwal menu Choipan ini cuma hari Rabu dan Kamis (kalo nggak salah di banner atas tempat makan ada tulisannya gini). Sudah hampir balik kanan grak, tapi akhirnya nanya dulu sama pelayannya apa bener menu Choipan hanya bisa diorder hari itu saja?

Voila! Mungkin karena kami sedang beruntung kali ya, udah kelaperan banget sejak pagi belum makan. Kata mas pelayan, Choipan masih ada 2 slot. Yawla, ini yang tadinya mau balik kanan grak jadi maju jalan. Hehehe. Kami pun pilih menu makan pagi yang dirapel sekalian siang.

Choipan Yamie Singkawang Jogja

Choipan Yamie Singkawang Jogja

Jadi sebenarnya apakah itu Choipan?

Choipan adalah sejenis kudapan khas Kalimantan bagian Pontianak atau Singkawang. Ada juga Choipan khas Bangka Belitung (hasil dari gugling) yang isiannya jelas berbeda dengan khass Pontianak ataupun Singkawang. Choipan sendiri termasuk dalam jenis dimsum seperti kudapan khas Cina. Konon karena pembuatan kulitnya yang super duper tipis inilah yang bikin Choipan di Yamie Singkawang sampe dibikin PO gitu. Nggak semua pekerjanya bisa dan yang bikin pemiliknya sendiri yang hobi memasak. Mungkin karena pemilik sendiri juga punya kegiatan dan bisnis lain selain Yamie Singkawang, jadi memang dibikin jadwal untuk menu Choipan.

Choipan yang tersedia di Yamie Singkawang ini ada dua jenis isian: Bengkuang dengan ebi dan kucai. Kalo dilihat dari gambar, yang putih- putih semua itu isian bengkuang dan ebi. Sedangkan yang hijau itu isian kucai. Atasnya diberi minyak bawang sebagai garnish. Kepo-kepo soal pembuatan Choipan di akun Intagramnya, banyak yang memberikan saran untuk pakai alat saja untuk bikin kulit Choipan tapi pemiliknya bersikukuh mempertahankan pakai cara manual. Karena hasilnya nanti beda, kalo pakai alat jadinya kulit lebih tebal. No wonder ini pemiliknya sangat perfeksionis sekali dalam setiap masakannya karena ingin menonjolkan kualitas bukan kuantitas. Salut!

Leave a Reply

counter free hit invisible