Berburu Tempat Makan dan Oleh-Oleh di Sekitar Stasiun Balapan Solo

Apa yang ada di benak kalian ketika sampai di Stasiun Balapan Solo di Siang bolong dan sebelumnya nggak sempat sarapan? Yak, jawabannya adalah MAKAN! Harus pakai tanda seru (!) dan bold karena level lapar sudah mencapai tingkat dewa 😀

Sebelumnya saya berencana melakukan perjalanan pagi dari Jogja ke Solo naik kereta Prameks lanjut ke Semarang naik bus di hari yang sama. Realitanya saya berangkat siang dari Jogja. Jadi bagaimana saya bisa mengatur waktu yang sangat singkat untuk sekedar chit chat sama sahabat saya di Solo? Jalanin aja, nggak usah banyak mikir. Waktunya ntar habis buat mikir 😀

Perjalanan makan siang saya di Solo sebelumnya melalui tahap drama yang ngalah-ngalahin dramanya si Boy pas meninggal di sinetron Anak Jalanan. Dalam satu hari itupun saya harus bergerak cepat dari Jogja lalu ke Solo dan destinasi terakhir adalah rumah nomaden saya, Semarang. Kalo ada pintu doraemon barangkali perjalanan saya nggak bakalan sedrama kemarin. Cerita dramanya di skip aja karena disini saya mau cerita soal tempat makan dan oleh-oleh di sekitar Stasiun Balapan Solo. Siapa tahu informasi ini berguna buat kamu yang lagi terdampar di Stasiun Balapan Solo. Yuk mari!

Berhubung saya sampai di Stasiun Balapan Solo Pukul 13.00 WIB dalam keadaan perut darurat minta makan, jadi saya minta dianterin sahabat saya ke tempat makan enak, murah meriah (prinsip anak kos!) dan yang terpenting nggak jauh dari Stasiun Balapan Solo. Pilihan jatuh pada Sate Ayam Ponorogo Pak Mangun. Lokasinya nggak jauh dari Stasiun Balapan Solo yaitu di Jl. Monginsidi no. 91, Surakarta. Konon katanya, Sate Ayam Ponorogo Pak Mangun ini cukup hits di Solo. Bahkan sudah jadi langganan kantor-kantor kalo ada acara besar termasuk kantor sahabat saya kerja. Melihat dari sejarahnya yang begitu meyakinkan, Sate Ayam Ponorogo Pak Mangun patut untuk dicoba.

sate-ayam-ponorogo-pak-mangun-solo

Sate Ayam Ponorogo Pak Mangun

Porsi Sate Ayam Pak Mangun Solo

Porsi Sate Ayam Pak Mangun Solo

Porsi Sate Ayam Ponorogo Pak Mangun Solo ini lumayan banyak tapi karena kondisi perut yang sangat lapar, satu porsi saja nggak cukup (Setelah makan sate ayam, kami nongkrong di cafe sambil ngemilin leker pas beli di Linco’s lalu cari tempat makan lagi 😀 ). Satu porsi Sate Ayam berisi 10 tusuk bisa pilih daging saja atau campur dan lontong. Kalo mau jauh-jauh dari yang namanya kulit dan jeroan karena takut kolesterol sebaiknya pilih sate yang daging saja.

Bumbu kacang Sate Ayam Ponorogo ini lebih gurih dibandingkan Sate Ayam Madura. Bumbu Sate Madura lebih manis dan warna bumbu lebih gelap. Sebenarnya kalo Sate Ayam Ponorogonya ditambahin kecap juga bisa tapi jadinya malah manis kayak sate Madura.

Kalo ada yang lagi transit di Stasiun Balapan Solo bisa banget ditinggal mampir ke Sate Ayam Ponorogo Pak Mangun dengan jalan kaki. Jaraknya nggak jauh kok, jalan kaki 5 menit juga sampai. Kalo sama Om Jim cuma satu kedip aja sih bisa banget yak? 😀

Lokasi Serabi Linco's di Solo

Lokasi Serabi Linco’s di Solo

Sudah lumayan kenyang makan sate ayam, saatnya beli oleh-oleh khas Solo yang unik. Di zaman yang sudah semakin dimudahkan dengan kecanggihan teknologi internet, saya googling via instagram. Kemudian menemukan satu tempat oleh-oleh Serabi yang merupakan maskot oleh-oleh dari Solo, namanya Linco’s. Linco’s ini tergolong baru di Solo karena baru didirikan pada tahun 2013. Jenis makanan yang dijual memang sering dijumpai di toko oleh-oleh atau pasar Solo tapi Linco’s ini mempunyai ciri khas kemasan yang lucu, menarik dan elegan. Keunggulan lainnya yaitu serabinya lebih gemuk alias lebih besar, teksturnya lembut dan rasanya pun gurih.

Linco’s buka dari pukul 07.00 – 17.00 WIB. Di Linco’s nggak hanya berbagai macam serabi saja yang dijual, tetapi ada pukis dan leker yang nggak kalah enak. Dengan harga yang kompetitif untuk jenis makanan serupa juga rasa yang bisa bersaing dengan merk serupa yang lebih dulu terkenal (misalnya: Serabi Notosuman). Rasa dan harga yang ditawarkan Linco’s sesuai dengan budget kantong. Saya merekomendasikan tempat ini untuk beli oleh-oleh jika sudah diburu waktu naik kereta berikutnya di sekitar Stasiun Balapan Solo.

Serabi Linco's Khas Solo

Serabi Linco’s Khas Solo

Oleh-Oleh Serabi Khas Solo

Oleh-Oleh Serabi Khas Solo

Price List

Sate Ayam: Rp 14.000,-

Lontong: Rp 3.000,-

Rasa: 4/5

Serabi Linco’s Rasa Nangka: Rp 2.500,-

Serabi Linco’s Rasa Pisang: Rp 2.500,-

Rasa: 4.5/5

Pencarian Terkait:

kuliner dekat solo balapan, makanan deket solo balapan, kuliner sekitar solo, kuliner sekitar stasiun balapan, makanan dekat stasiun purwosari, kuliner enak dekat stasiun solo balapan, oleh oleh dekat stasiun balapan, stasiun balapan spot makan, tempat makan enak dekat stasiun solo balapan, warung makan enak sekitar stasiun balapam solo

counter free hit invisible