5 Makanan dan Minuman Favorit saat Naik Gunung

Biasanya kalo piknik pilih gunung atau pantai, hayo? Mana nih suaranya #TeamGunung atau #TeamPantai? :)

Biasanya kalo piknik pilih gunung atau pantai, hayo? Mana nih suaranya #TeamGunung atau #TeamPantai? 🙂

Bila ditanya dan harus menjawab dengan cepat seperti pertanyaan rebutan pas cerdas cermat, kamu pilih ke gunung atau ke pantai? Saya hanya butuh sepersekian detik untuk menjawab ‘gunung’. Yes, saya anak gunung kayak Ninja Hatori. Tapi kalo diajak lari ke hutan lalu belok ke pantai juga hayok-hayok aja sih, tergantung waktu dan siapa yang ngajak #eaa

Sebelum ke medan pegunungan, tentunya ada berbagai persiapan yang terkadang bikin kangen. Contohnya: Persiapan fisik, Packing dan lainnya. Persiapan logistik sebelum capcus ke medan gunung ini salah satu persiapan penting. Meskipun terkadang ngajaknya dadakan belanjanya juga otomatis butuh yang kilat, jadi logistik yang dibawa pun nggak sesuai dengan ekspektasi. Pernah kayak gini juga nggak? Tapi apalah artinya pilih-pilih logistik selagi ada kesempatan piknik?

Ngomongin soal logistik, sangat erat kaitannya dengan kebutuhan tubuh setiap individu karena yang paling tahu kondisi tubuh adalah kalian sendiri. Selain itu riset gunung mana sih yang mau di daki? Riset sebelum maju ke medan perang itu penting banget lho. Seperti jalur manakah yang mau di daki, apakah di pos-pos tertentu ada sumber air, apakah mau mendaki berhari-hari atau cuma sehari dan masih banyak yang bisa digali dengan riset sebelum berangkat. Jadi persiapan logistik yang harus dibawa pun sesuai dengan riset. Hari gini googling dalam beberapa menit juga pasti banyak infonya di internet. Karena sekarang makin banyak orang yang share pengalaman mereka ke social media. Artinya mulai banyak orang yang suka piknik, asyik ya?

Lalu logistik apa saja yang jadi favorit saya? Setiap pendaki pasti punya makanan dan minuman favorit yang wajib dibawa saat naik gunung atau kegiatan alam lainnya. Kalo saya masih konsisten (kalo misalkan pas beli nggak ada ya nggak sampe bisa ngebatalin piknik sih) dengan daftar makanan dan minuman favorit saat naik gunung yang akan saya share di bawah ini.

1. Malkist/Saltcheese

Entah kenapa saat pertama kali berkegiatan outdoor, snack yang selalu masuk dalam keranjang adalah Malkist yang original. Kalo nggak ada Malkist bisa diganti Saltcheese. Kalo pas lagi pengen dua-duanya ya beli semuanya 😀 Diantara dua snack tersebut pasti ada di ransel. Kalo kamu, snack apa yang paling favorit?

2. Buah Pir atau Apel

Banyak nih yang suka bengong lihat saya bawa buah ke gunung. Padahal ya biasa saja toh kalo makan buah di gunung. Ada beberapa alasan saya kenapa memilih buah Pir atau Apel: bikin kenyang dan seger. Dibalik dua alasan tersebut ada penjelasan yang lebih panjang, karena buah-buahan mengandung vitamin, mineral dan air. Ada juga kok yang suka bawa buah jeruk sunkist kecil-kecil, tapi kalo saya lebih milih makan buah pir atau apel dibandingkan makan nasi. Sebagian orang menganggap makan buah di gunung itu bikin kebelet pup, justru kalo saya makan nasi malah bikin pengin pup 🙁

3. Roti Tawar plus susu cokelat

Bagi yang pemalas, makanan siap saji adalah penyelamat. Kalo laper tinggal gigit nggak usah diolah macem-macem. Kenapa pakai susu cokelat? Karena kalo bawa meses dan blueband itu rempong. Roti tawar yang dilumuri susu cokelat pu sudah bisa menyelamatkan saat perut lapar pagi-pagi. Roti merupakan salah satu sumber karbohidrat meskipun kandungannya nggak sebanyak nasi. Kalo lagi nggak mood jadi tukang masak ya bawa roti saja udah lebih dari cukup.

4. Energen (Sereal/Oat)

Sementara roti masih belum bisa bikin perut kenyang, energen adalah solusinya. Bisa nambah kalori dan simple. Tinggal tuang energen ke gelas dan beri sedikit air panas sudah siap di seduh. Lagi-lagi perut terselamatkan 🙂 Kalo makanan satu ini pendaki-pendaki lain pasti juga bawa karena selain simple dalam pembuatannya juga bikin kenyang, sementara.

5. Susu Ultramilk

Harus yang merk ultramilk? Iya, tapi ini bukan artikel bayaran meskipun ngarep ada yang ngasih sponsor 😀 Saya itu tipe yang setia, sekali ngerasain satu merk yang enak susah untuk berpaling hati. Kalopun coba merk lainnya belum tentu rasanya bisa pas seperti susu ultramilk. Kandungan protein dan lemak dari susu membantu banget asupan gizi yang dibutuhkan tubuh.

Percaya atau enggak, saya jarang banget minum anget-angetan pas sudah ngecamp di gunung. Biasanya cukup minum air putih banyak dan efeknya bikin sering pipis. Nah, ngomongin soal pipis banyak banget teman yang tanya ‘kalo di gunung pipisnya gimana?’ Padahal kalo mau pipis ya pipis aja, ribet amat yak! Asalkan tahu sopan santun karena bermainnya di alam.

Balik lagi soal logistik, sebenarnya saya memilih 5 dari yang paling saya suka banget. Tentu saja yang saya bawa nggak cuma 5 macam itu saja, memangnya tubuh saya tercukupi kebutuhannya dengan makanan dan minuman itu saja? No! Jadi tetap harus riset dulu medannya dan sesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Mungkin makanan dan minuman favorit saya ada yang samaan dengan kalian? Share dong kalo pun beda, biasanya makanan dan minuman yang paling favorit apa? 🙂

Pencarian Terkait:

ost my secret romance ep 10, film yg pemainnya park hyung sik, restart lagu the liar and his lover, drama korea radiant office, lagu ost the secret romance#spf=1, ##########################################, review snack dan minuman saat mendaki, makanan pendakian yang bikin kenyang, makanan dan minuman yang biasa di bawa ke gunung, lagu favorite di film the liar adalah, joy paterpan, downlod lagu ost film my secret romantic episode 1, dowload ost ruler master of the mask part 1, ben ost qween of mistery, soundtrack the liar and his lovers ep 2

2 Comments

  1. Harahapsoleh 27/02/2017
    • alien 01/03/2017

Leave a Reply

counter free hit invisible