10 Barang Favorit Mendaki Gunung

10 Barang Favorit Mendaki Gunung versi planetlunars

Hai, ketemu lagi dengan Alien yang akan membahas tentang 10 barang favorit saat naik gunung. Setiap orang pasti punya versinya masing-masing dong karena kebutuhan dan kebiasaannya pun berbeda. Setiap mendaki gunung perlu diketahui medannya seperti apa sehingga sebelum berangkat sudah tahu perlengkapan apa saja yang perlu dibawa. Kali ini, saya akan share barang yang umum saya pakai dan pasti saya bawa di carrier. Lalu seperti apakah barang yang paling saya favoritkan kalo pas mau naik gunung? Yang penting saya belum kepikiran untuk bawa batako ke atas gunung sana sih 😀 😀

1. Jaket

Jaket merupakan salah satu barang yang nggak boleh dilupakan. Bayangin saja kalo naik gunung yang suhunya bisa sampai minus tapi nggak bawa jaket? Dih, situ memang mau peluk-pelukan untuk saling menghangatkan? Untuk jenis jaket yang biasa saya pakai, bahan luar harus anti air alias waterproof (minimal kalo gerimis syahdu nggak tembus sampai ke bagian dalam jaket). Kalo mau cari lebih detail lagi di toko-toko outdoor sekarang banyak yang menawarkan bahan Goretax. Jenis jaket ini selain waterproof dan windproof kelebihan lainnya yaitu bisa mengeluarkan udara panas dari dalam jaket. Sehingga menjaga suhu tubuh tetap hangat.

Banyak yang membawa dua jenis jaket saat pendakian, jaket bahan waterproof dan jaket bahan polar. Kelebihan jaket berbahan polar yaitu hangat. Ada juga jenis jaket yang dijual dengan mengkombinasikan bahan luar waterproof dan bagian dalam polar. Kalo untuk saya sendiri tergantung mau mendaki di gunung mana dan kira-kira cuaca lokasinya yang akan didaki seperti apa. Saya tipikal orang yang nggak suka jaket terlalu tebal selain berat bawanya juga nggak kepakai saat jalan. Tapi sekali lagi, tergantung gunung mana yang akan di daki. Riset sebelum merencakan pendakian itu sangat penting juga lho.

2. Sandal Gunung

Saat pendidikan, kami diajarkan untuk mematuhi etika saat naik gunung. Termasuk perlengkapan apa saja yang harus disiapkan dan apa yang harus dipakai. Tetapi tidak menampik dari kenyamanan si pemakai sendiri. Kenapa saya lebih suka sandal gunung? Kaki saya tipikal yang mudah berkeringat pun tangan juga seperti itu. Jadi kalo pakai sepatu rasanya gerah dan ketika musim hujan kalo basah langkah kaki terasa berat. Meskipun memakai sepatu akan lebih aman untuk kaki dan meminimalisir gesekan saat jalan licin. Hasilnya setelah naik gunung beberapa hari, sampai di dunia nyata kaki jadi gosong kayak singkong 😀

Sandal GUnung favorit via eigeradvendture

Sandal GUnung favorit via eigeradvendture

3. Kain Pantai

Saya punya warisan selimut pantai dari seorang teman. Bahannya tipis tapi kalo dipakai untuk selimut sangat hangat. Apakah ini kain ajaib? haha. Karena tipis dan banyak juga fungsinya saat di atas gunung selain untuk tambahan selimut untuk tidur bisa digunakan sebagai syal kece. Prinsipnya bawalah barang seminimal mungkin tapi mempunyai banyak manfaat. Kalo diaplikasikan menurut versi saya ya kain pantai ini, multifungsi banget!

Kain Pantai via Bukalapak

Kain Pantai via Bukalapak

4. Payung

Biar dikata aneh dan kemayu, banyak banget cowok-cowok yang pinjam payung saya kalo naik gunung lho. Lebih praktis daripada harus copot carrier untuk memakai jas hujan (Rain coat). Kalo hujannya males-malesan alias sekedar lewat, payungnya laris buat dipinjam. Saat panas pun si payung ini menyelamatkan sengatan matahari yang bikin warna kulit jadi lebih aduhai manisnya. Cara packingnya cukup diselipin di kanan atau kiri carrier biar gampang dikeluarin saat dibutuhkan cepat.

Payung Pink via tokopayung

Payung Pink via tokopayung

5. Syal

Meskipun kadang nggak bawa tapi syal bisa jadi barang yang multifungsi versi saya. Syal bisa dipakai untuk masker atau penutup muka kalo jalan di siang hari. Selain melindungi muka biar nggak gosong juga mengurangi menghirup debu yang beterbangan manja di gunung. *ngomongnya ala princess* Bisa dipakai untuk penutup luka kalo nggak bawa perban atau sebagai penutup mata saat tidur. Pokoknya yang namanya syal fungsinya bisa macam-macam selain buat gaya juga sih. Ujungnya gaya teteup ya 😀

Syal via capslocknet

Syal via capslocknet

6. Sleeping Bag

Ada dua macam tipe sleeping bag, yang pertama sleeping bag egois dan sleeping bag merakyat 😀 😀 Coba kalian tipe orang yang lebih suka sleeping bag yang mana? Sleeping bag egois versi saya itu jenis yang tidak bisa dibuka alias bisanya buat dipakai 1 orang saja. Sementara sleeping bag merakyat adalah jenis yang resletingnya bisa dibuka jadi bisa dipakai sebagai selimut untuk 2 orang. Biasanya kan ada yang lupa atau nggak dapat pinjeman atau kehabisan stock saat sewa sleeping bag di toko outdoor. Nah, bagi yang bawa sleeping bag merakyat ya harus rela berbagi. Emangnya bisa lihat temen kedinginan?

Sleeping bag via eigeradventure

Sleeping bag via eigeradventure

7. Kaos Kaki

Atribut tidur yang penting banget, jangan biarkan badan kamu nggak terbungkus kain entah itu jaket atau sleeping bag. Meskipun sudah aman bawa sleeping bag dan jaket setebal kulit domba tapi kalo kaki telanjang juga dinginnya masih berasa. Kalo pas musim hujan jangan cuma bawa sepasang kaos kaki karena untuk mengantisipasi basah dan tidur tanpa kaos kaki juga nggak bakalan nyenyak kecuali kalo kebo sih. Nggak bakalan ngaruh juga.

Usahakan bawa lebih dari sepasang kaos kaki. Biasanya kalo pas musim kemarau suhu di gunung akan jadi lebih dingin. Tipsnya adalah pakai keos kaki double akan sangat membantu menghangatkan badan.

Kaos Kaki via detik

Kaos Kaki via detik

8. Jas Hujan

Selain bawa payung, saya juga bawa jas hujan. Untuk jas hujan ini harus pinter-pinter milih saat beli karena harganya yang nggak murah dan biasanya dipakai beberapa kali dan dihantam hujan deras masih bisa tembus. Lebih aman pakai jas hujan motor selain harganya murah meriah dan keunggulan lainnya nggak tembus.

Jas Hujan via blibli

Jas Hujan via blibli

9. Legging

Rahasia setiap saya naik gunung tapi badan tetep anget-anget aja salah satunya karena legging. Saya selalu pakai dobelan legging sebelum pakai celana outdoor. Jadi angin nggak ada yang bisa masuk ke dalam tubuh dan menjaga badan tetap hangat. Padahal alasannya selain itu karena saya suka pakai celana sobek-sobek, jadi untuk menutup aurat #halah saya memakai legging.

Legging via riverisland

Legging via riverisland

10. Tas selempang kecil

Kecil bentuknya tapi muat barang banyak banget. Usahakan benda-benda yang harus dikeluarkan dengan cepat saat urgent bisa disimpan di tas selempang kecil. Contohnya: P3K, senter, makanan atau minuman favorit, HP, kompas, batre cadangan, lilin, korek dll.

Tas selempang via mabrodebrito

Tas selempang via masbrodebritto

Jadi 10 barang diatas adalah favorit saya saat naik gunung. Sebenarnya nggak cuma itu yang harus dibawa saat naik gunung, tapi saya pilih yang kelihatannya sepele tapi ternyata manfaatnya banyak banget. Gaya setiap orang pasti beda-beda dan dipilih karena kenyamanannya. Kalo barang apa yang kamu suka apa? Share dong 🙂

Leave a Reply

counter free hit invisible